Agama  

Ketua Umum PGI Menjadi Pelayan Firman Pada Perayaan Paskah Oikumene di Kota Bekasi

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI,-

Perayaan Paskah Oikumene di Kota Bekasi yang diselenggarakan oleh 4 (empat) Aras Gereja di Stadion Patriot Candrabhaga hari sabtu,29/4/2023 dihadiri jemaat kurang lebih 15. 000 orang dan pendukung acara 1o00 personil Tari-tarian dan Sangkalala dari Sekolah Mahanaim yang melingkari lapangan sepakbola.

Acara perayaan Paskah  juga dimeriahkan oleh artis ibukota Citra Scholastika, Joy Tobing, Adelways Lay, Rani Simbolon dan Dorman Manik. Dan dipandu oleh Mc Audi Octavia dan Vanda Hutagalung, Paduan Suara Gereja Advent, Cantata Choir dari HKBP Kemang Pratama, dan Paduan Suara Gabungan dari jemaat-jemaat gereja di Kota Bekasi,

Terlihat umat Kristen dari berbagai denominasi gereja yang ada di Kota Bekasi menghadiri perayaan Paskah Oikumene dengan sangat antusias untuk bersama-sama beribadah merayakan Paskah Oikumene tersebut.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom,M.Th menjadi pelayan firman pada perayaan paskah Oikumene Kota Bekasi 2023 ini dengan tema “ Ia mendahului kamu ke Galilea, Jangan Takut”.

Pendeta Gomar Gultom melalui Firman Tuhan yang diambil dari Matius 28 : 7,10 pada pesan paskahnya melalui khobah disampaikan kepada jemaat yang hadir dalam perayaan paskah, kita sering kali dibawah bayang-bayang kegelapan, kematian yang mewujud dalam rumah-rumah bentuk seperti korupsi, manipulasi, ketidakadilan, penindasan, pelacuran, perjudian, mabuk-mabukan dan lain-lain. Konflik, pertentangan baik antar gereja, antar suami dan istri  dalam rumah tangga kita masih sering mewarnai perjalanan kehidupan kita. Kristus telah mati dan bangkit bagi saudara dan saya, tapi kita masih suka ada di kematian itu walaupun Kristus telah bangkit. Sekarang bagaimana kita mampu mengalahkan bayang-bayang kegelapan itu dan ini perjuangan kita saudara-saudara. Bayang-bayang kegelepan dan kematian dapat dihalau oleh Kuasa Allah yang kosmis.

Lebih lanjut Ketua Umum PGI dalam khobahnya menegaskan bahwa Kebangkitan Kristus adalah pemberitaan Kasih Allah yang sangat kosmis, karena batu kubur digulirkan dan tidak hanya antar hubungan Allah dengan Manusia tapi juga dengan alam semesta. Batu kubur tersingkir sebagaimana dicatat dalam kitab Injil. Kebangkitan Kristus adalah pemberitaan kasih Allah yang sangat kosmis, batu penutup kubur bersedia disingkirkan untuk memberi ruang bagi perwujudan kasih Allah dan pembebasan manusia dari sengat maut. Maka perayaan Paskah adalah momentum yang sangat baik bagi kita semua tanpa terkecuali menggulingkan batu kubur dalam kehidupan kita, dimana kita sering terpenjara. Dengan mengulingkan batu yang mengubur dan memenjarakan harapan itu kita bisa melihat masa depan dengan penuh percaya diri, karena Kristus bangkit telah mengubah arah sejarah perjalanan hidup kita. Maka kekuatan Paskah memanggil kita untuk menggulingkan semua batu kecewaan dalam hidup seperti batu ketidak percayaan, batu peseteruan, batu kedengkian harus digulingkan.

Paskah itu adalah memulihkan hubungan antara Allah dengan manusia dan begitu juga manusia dengan alam semesta dimana dalam kehidupan kita sehari-hari jangan mengeksploitasi berlebihan terhadap alam sehingga terjadi bencana, hendaklah kita hidup bersahabat dengan dengan alam semesta. Kebangkitan Kristus menciptakan ruang buat keselarasan hidup yang saling memberi kehidupan satu dengan yang lain dan itulah Paskah yang memulihkan. Inti berita Paskah adalah Allah yang berbela rasa telah memulihkan kehidupan, inilah makna yang terdalam dalam perayaan kita malam ini membebaskan manusia dari bayang-bayang kegelapan dan kematian dan pemulihan itu mewujud dengan pengosongan dirinya dengan Kebangkitan itu dimungkinkan mendekatkan diri kepada Allah dan selayaknya kita bersyukur untuk itu. Dengan Kematian dan Kebangkitan Kristus seluruh hutang dosa kita dibayar lunas dan diampuni dari segala dosa.

Baca JugaHADIRILAH!!! Perayaan Paskah Oikumene 29 April 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi

Terakhir Pendeta Gomar Gultom, M.Th mengajak jemaat untuk mengucap syukur atas pembebasan dosa kita melalui kematian dan kebangkitan Kristus. Bersyukur yang paling nyata adalah kesediaan kita mengubah kata-kata menjadi tindakan nyata dan itulah yang menjadi ajakan tema paskah pada hari ini “ Ia mendahului kamu ke Galilea, Jangan Takut”. Kita diajak untuk menyusul Jesus menjejeri langkah Kristus menuju Galilea, karena Ia sudah mendahului kita bersama. Galilea merupakan titik berangkat perjumpaan Jesus dengan murid-muridnya, dan panggilan untuk pergi ke Galilea masa kini adalah moment perjumpaan dengan Kristus dengan semangat baru sebagai umat kebangkitan, Jesus yang kita kenal bukan sosok masa lalu akan tetapi Jesus yang kita jumpai begitu dekat dengan kita dan mendengar isi hati, serta pikiran dan Dia mencintaimu. Menyusul Jesus ke Galilea masa kini berarti kita sedang diajak untuk misi yang baru yaitu perkabaran Injil, Galilea adalah tempat manifestasi kehidupan baru bersama Kristus yang bangkit, dan memberi harapan baru bagi orang disekitar kita, memberi harapan baru bagi mereka yang terhimpit dalam kesulitan dan kesusahan.

Paskah memulihkan hubungan manusia dengan Allah, bahkan juga hubungan alam semesta dengan Allah, tetapi pemulihan itu tidak boleh berhenti. Paskah juga memampukan kita semua menjadi pemulih, kuasa kebangkitan itu mengubah keseluruhan bangunan hidup kita sehingga terarah bagi pemulihan dunia ini.

Saat ini juga, malam ini, di stadion ini, Tuhan menyapa kita. Ditengah beban kehidupan yang berat, krisis  yang melanda, kekhawatiran hidup, Tuhan berkata “ Jangan takut Aku menyertai engkau, karena selalu setiap saat Tuhan Kristus mendahului kita kemanapun kita melangkah”

Penutup Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom, M.Th  mengucapkan Selamat Paskah, selamat masuk dalam hidup bersama Jesus yang bangkit. Tuhan menyertai saudara-saudara sekalian, Amin.

Perayaan Paskah Oikumene 2023 dihari oleh Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI Dr. Jeane Marie Tulung,S.Th, M.Pd,, Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto, Dandim 0507/Bekasi,Ketua Kolonel Kav Luluk Setyanto M.P.M, Forkopimda,  Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) H. Abdul Manan, Ketua PGIS Kota Bekasi Pdt Saut Sigalingging, S.Th, Hamba Tuhan dari Empat Aras Gereja,Ketua Panitia Paskah Patar Situmorang, serta tamu undangan lainnya.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news

Exit mobile version