Walikota Bekasi Serahkan Penghargaan PPID Pembantu Bagi OPD Terbaik

Hipakad63.news | Kota Bekasi –

Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi menyerahkan piagam penghargaan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) terbaik bagi Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi seusai upacara HUT Republik Indonesia Ke-76 di Plaza Pemkot Bekasi. (Selasa, 17/08/21)

Penyerahan piagam penghargaan ini berdasarkan surat Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor: 480/Kep.292-Hum/VI/2021 Tentang Hasil Monitoring dan Evaluasi Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi Tahun 2021. Berikut adalah hasil pemeringkatan 3 besar untuk masing-masing kategori:

A. Kategori Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu:
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
2. Kecamatan Pondokgede
3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid

B. Kategori Pengelola Pengaduan Publik:
1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
2. Kecamatan Pondokgede
3. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmajid

C. Kategori Pengelolaan Media Sosial:
1. Kecamatan Bantargebang
2. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD)
3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL)

Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi dalam paparannya mengatakan PPID dianggap penting dalam memberikan informasi berdasarkan data dan fakta yang valid, sehingga masyarakat bisa memantau dan mengetahui perkembangan instansi pemerintahan melalui PPID, tidak perlu repot dan bingung mengenai keberadaan kabar dari sebuah instansi.

Berita TerkaitUpacara Peringatan Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun Digelar Di Plaza Pemkot Bekasi Dengan Prokes

“Pelayanan Informasi pada PPID harus sesuai dengan kaidah yang berlaku, juga untuk mengelola dokumentasi agar semua proses administrasi-nya berjalan dengan baik.” Ujar Wali Kota

“Dalam terapan-nya, admin selaku gerbang informasi dan peran pembantu PPID harus responsif dan tanggap terhadap apapun yang menjadi keluhan dari masyarakat, serta cepat tanggap dalam melayani permintaan warga untuk kemajuan Kota Bekasi.” tambahnya

Terakhir, Wali Kota Bekasi berharap kepada peraih sertifikat penghargaan terbaik dalam setiap kategori diharapkan kedepan-nya sudah tidak adanya lagi keluhan terkait ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dan harus lebih responsif.