Semasa Jakarta dan Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) Masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara

Redaksi

HIPAKAD63.NEWS | JAKARTA –

Dua event dari Jakarta yakni “Semasa Jakarta” dan “Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD)” berhasil menjadi bagian dari Top Ten Karisma Event Nusantara. Hal ini diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, saat peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN), pada Sabtu (27/1) di Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata menuturkan, dua event tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Sebagai kota global, Jakarta selalu berupaya menyelenggarakan event berskala internasional. Dua event yang berhasil masuk dalam top ten KEN merupakan event yang memiliki konsep menarik sehingga selalu dinantikan para wisatawan,” terang Andhika.

“Semasa Jakarta Mendukung Ekonomi Kreatif dan UMKM”

Andhika menambahkan, event merupakan hal yang penting bagi sektor pariwisata. Selain dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Jakarta, event juga memiliki peran dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, Disparekraf Provinsi DKI Jakarta selalu mendukung pelaksanaan event-event yang memiliki konsep menarik dan unik.

“Semasa Jakarta” merupakan event tahunan yang diadakan Semasa untuk mendukung ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, sambil menikmati kegiatan di ruang terbuka di Jakarta. Sedangkan Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) merupakan pameran seni terbesar di Jakarta yang melibatkan industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan. ICAD melibatkan desainer dari berbagai disiplin ilmu, di antaranya desainer interior, desainer grafis, fotografer, videografer, scenographers, pelukis, pematung, sutradara film, dan banyak seniman lainnya.

Selain Semasa Jakarta dan Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyiapkan serangkaian event menarik yang dapat dikunjungi wisatawan saat berlibur di Jakarta.

KEN merupakan program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia. KEN pertama kali diselenggarakan pada 2021 sebagai penyempurnaan program Calendar of Event (COE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Sumber : Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta