Pomparan Op.Sudung Nababan Sambut Tahun Baru 2024 Penuh Dengan Suka Cita

Redaksi

HIPAKAD63.News | JAKARTA, —

Pomparan (keturunan-red) Op.Sudung Nababan ( Alm. M.K Nababan/br Sianturi (+) ) sambut Tahun Baru dengan penuh sukacita yang dilaksanakan di Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan Jakarta Utara, Senin (01/01/2024).

Perayaan menyambut Tahun Baru Pomparan Op Sudung diisi dengan berbagai acara mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bahkan digelar tarian batak ( tortor) untuk anak-anak dan cros kado setiap anggota keluarga.

Tradisi orang Batak pada khususnya pada saat pergantian tahun melaksanakan ibadah bersama keluarga di rumah masing-masing atau gabungan dari beberapa keluarga.

Ferdinand Sinurat, salah satu cucu dari Op.Sudung Nababan menyampaikan bahwa kita sebagai generasi penerus melaksanakan apa yang dahulu opung kami lakukan pada saat menyambut pergantian tahun.

“Pergantian tahun baru 2024 ini  mempunyai makna spiritual, dimana kita berkumpul  bersama berdoa memohon penyertaan Tuhan dalam menjalani tahun 2024 ini” ucap nya.

“Sudah cukup lama kami tidak berkumpul bersama dalam moment menyambut tahun baru, saya pribadi selaku bere sangat senang bisa berkumpul berdoa dan makan bersama keluarga besar opung kami” pungkas Ferdinand.

Masih di tempat yang sama Benny Irianto Nababan anak dari alm. M.K.Nababan menyampaikan bahwa dulu bapak selalu mengajarkan hal-hal ke batakan kepada kami  terutama saat akan pergantian tahun yang sampai saat ini tidak pernah akan terlupakan.

“Saya masih ingat dahulu setiap pergantian tahun, bapak almarhum selalu pimpin ibadah dan usai ibadah kami anak-anak nya diajak ke rumah tulang (paman-red) untuk bertahun baruan” tutur nya

“Kalau di jaman sekarang hal tersebut mungkin tidak bisa kita temui lagi, mungkin di kampung halaman (siborong-borong) tradisi tersebut masih berjalan yaitu kunjungan silahturahmi usai ibadah pergantian tahun kepada sanak-saudara. Kalau sekarang silahturahmi tidak harus bertemu fisik dapat berkomunikasi melalui video call” pungkas Benny N

“Pada kesempatan ini juga saya  mewakili Pomparan Op.Sudung Nababan mengucapkan “Selamat Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024″ kepada Pomparan Borsak Mangatasi Nababan, Boru, Bere dimanapun berada, kiranya Tahun 2024 akan membawa perubahan dalam kehidupan kita masing-masing, Tuhan Memberkati” tutup nya.