Lomba Kinerja Kelurahan di Aren Jaya, ini Kata Ketua Tim Penilai

Redaksi

HIPAKAD63.NEWS | KOTA BEKASI,–

Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kecamatan Bekasi Timur TA 2024, kelurahan Aren Jaya adalah kelurahan terakhir yang dinilai setelah kelurahan Duren Jaya, di mana sebelumnya hari Senin 2 kelurahan yaitu Kelurahan Bekasi Jaya dan Margahayu. Selasa, (23/1/2024).

Ketua Tim penilai Mayasin, S.E juga selaku Sekretaris Camat Bekasi Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar kegiatan lomba kinerja kelurahan tingkat Kecamatan berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Nomor : 400.10.2/543/Setda.Tapem Tanggal 10 Januari 2024. Dan itulah yang menjadi dasar kami untuk melaksanakan penilaian lomba kinerja kelurahan di wilayah kecamatan Bekasi Timur.

Aren Jaya Responsif ” Tanggap, Cepat, Tepat, Ikhlas ” 

Lebih lanjut Mayasin menjelaskan lomba ini dilakukan beberapa tahapan dan penilaian di antaranya Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Evdeskel) , Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) serta Penilaian video dokumenter , ekspos lurah dan data pendukung lainnya.

“Indikator penilaian selain ekspos Lurah, ada 3 dokumen pendukung yang meliputi bidang pemerintahan ada 18 dokumen, bidang kewilayahan ada 7 dokumen, bidang kemasyarakatan ada 13 dokumen.” ucap Ketua Tim Penilai Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kecamatan

“Adapun besaran hadiah Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kecamatan yaitu Juara 1 sebesar 5 juta , Juara 2 sebesar 4 juta, Juara 3 sebesar 3 juta dan Juara harapan terbaik sebesar 2,5 juta.” pungkas Mayasin

Usai sambutan Ketua Tim penilai lomba kinerja Kelurahan tingkat Kecamatan dilanjutkan ekspos Lurah Aren Jaya

Dalam ekspos (pemaparan-red) kinerja kelurahan yang disampaikan oleh Pra Fitria Angela, S.Sos dengan secara gamblang dan detail terkait bidang pemerintahan yaitu profil kelurahan, bidang kewilayahan serta bidang kemasyarakatan.

“Pembangunan infrastruktur pada tahun 2023 mencapai 80 persen dan pada tahun 2024 kami berkomitmen bersama stakeholder untuk mencapai 90 sampai 95 persen” ucap Lurah Aren Jaya.

“Kelurahan Aren Jaya selalu mengembangkan Inovasi-inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat berbasis digital, baik melalui medsos yang kami miliki sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat cepat kami tanggapi sesuai dengan motto kelurahan Aren Jaya yaitu Aren Jaya Responsif ; Tanggap, Cepat, Tepat serta Ikhlas. ” pungkas Pipit panggilan akrab Lurah Aren Jaya.

Pada forum tanya jawab Lurah Aren Jaya menjawab dengan lugas apa yang ditanyakan oleh Camat Bekasi Timur Fitri Widyati S.STP., M.Si. terkait kewilayahan yaitu kasus tawuran. Dan hal tersebut dapat diminimalisir dengan bersinergi nya 3 pilar ditambah peran para ketua RW di wilayah masing-masing.

Dilanjutkan tim menilai memverifikasi dokumen sesuai dengan indikator penilaian lomba kinerja kelurahan tingkat Kecamatan. Setelah selesai kegiatan tim penilai lomba kinerja kelurahan tingkat Kecamatan dilakukan foto bersama.