Kabupaten Tanah Bumbu Gelar Apel Siaga Bencana, Dandim: Sebagai Upaya Kesiapan Apabila Terjadi Bencana

Hipakad63.news | Tanah Bumbu –

Apel Siaga Bencana digelar oleh kabupaten Tanah Bumbu di Perkantoran Gunung Tinggi dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, dr. H. M. Zairullah Azhar, M.Sc, Selasa (07/12/2021).

Dandim 1022/Tanah Bumbu turut hadir pada kegiatan yang diikuti oleh berbagai instansi mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kabupaten Tanah Bumbu.

Apel ini digelar sebagai upaya antisipasi apabila terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB).

Terlebih akhir-akhir ini cuaca ekstrim yang melanda Indonesia telah menimbulkan berbagai bencana alam, seperti terjadinya erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Banjir yang sempat melanda beberapa desa di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan terjadinya Banjir akibat gelombang pasang (ROB) yang beberapa hari terakhir melanda beberapa daerah yang berada di pinggir laut di wilayah Indonesia.

Oleh karenanya, kesiapan seluruh pihak terhadap bencana alam harus lebih ditingkatkan, karena bencana bisa saja terjadi kapan saja.

Baca JugaDukung Program Ketapang, Dandim Tanah Bumbuh Turun Ke Tanah Berlumpur

Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si.,M.Tr (Han) menyampaikan
“Apel gabungan dalam rangka antisipasi atau siaga bencana yang digelar di Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu upaya untuk memeriksa sejauh mana kesiapan seluruh pihak apabila terjadi bencana di Bumi Bersujud,”jelas Dandim.

Dandim juga menyampaikan bahwa Kodim 1022/Tnb dan seluruh pihak terkait telah siap siaga terhadap bencana alam yang tidak diinginkan terjadi, sehingga apabila terjadi bencana maka penanganan terhadap korban akan lebih optimal.

“Dengan adanya kesiapan seluruh pihak terhadap bencana yang terjadi, maka kerugian yang dialami akan lebih dapat diminimalisir dan penanganan terhadap korban juga akan dapat lebih cepat dan tepat, walaupun kami berharap wilayah kita dijauhkan dari bencana dalam bentuk apapun” pungkas Dandim.

Sumber : Kodim 1022/Tnb