Wisman Goklas Siagian Resmi Pimpin DPC Peradi Bekasi Raya Periode 2022-2026

Redaksi
Foto: Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Syahrizal Effendy Damanik, SH., MH kalungkan selempang DPC Peradi Bekasi kepada Wisman Goklas Siagian, S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA sebagai Ketua DPC Peradi Bekasi Raya

Hipakad’63News_BEKASI

Wisman Goklas Siagian, S.H., M.H., CLA., CLI., CHRA resmi memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Rumah Bersama Advokat (RBA) Bekasi Raya 2022-2026, usai dilantik Jum’at sore (21/01/2022).

Acara berlangsung di Hotel Merapi Merbabu, kota Bekasi, Jawa Barat yang dihadiri unsur pimpinan Nasional internal organisasi, unsur Pemkot Bekasi dan Polres Metro Bekasi Kota. Sekira 150 orang yang hadir, termasuk dari DPC Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Depok, Bogor, bahkan dari kota Medan.

Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Syahrizal Effendy Damanik, SH., MH, mewakili Ketua Umum DPN Peradi RBA, Dr. Luhut M.P Pangaribuan, SH., LL.M melantik Wisman Goklas Siagian sebagai Ketua DPC Bekasi Raya, bersama seluruh jajaran kepengurusan.

Foto: Ketua DPC Peradi Bekasi Raya didampingi Sekretaris dan Bendahara tunjukkan SK Pengurus dari DPN

Sebelum prosesi pelantikan, Sekjen DPN Peradi RBA, Imam Hidayat, SH., MH membacakan Surat Keputusan DPN Peradi RBA No. 623/DPN-PERADI/I/ tentang Pembentukan DPC Peradi Bekasi Raya Masa Bakti Tahun 2022-2026, dengan mempersilahkan 22 nama yang disebutkan untuk tampil ke panggung.

Memasuki prosesi pelantikan dimulai dengan menanyakan tentang kesiapan para pengurus, oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Syahrizal Effendy Damanik, SH., MH. Menjawab pertanyaan tersebut, para pengurus DPC menjawab ‘Siap, Bersedia”.

Selanjutnya, Wakil Ketua Umum didampingi Sekjen dan Bendahara Umum melantik DPC Peradi Bekasi Raya, dengan membacakan naskah pelantikan atas nama Ketua Umum DPN Peradi.

“Mewakili Ketua Umum, kami menyatakan, bahwa dengan ini saudara-saudara resmi kami lantik dengan segala hak dan kewajiban yang melekat sesuai peraturan rumah tangga Peradi, dan Anggaran Dasar Peradi, guna menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai Pengurus Peradi Cabang Bekasi Raya,” ucapnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian SK DPN Peradi kepada Ketua DPC Peradi Bekasi Raya. Dilanjutkan lagi dengan pengalungan selempang bertuliskan DPC Peradi Bekasi Raya, kepada Ketua, Sekretaris dan Bendahara, mewakili seluruh pengurus.

Prosesi puncak pelantikan ketika Waketum DPN Peradi menyerahkan pataka kepada Ketua DPC, yang kemudian Ketua DPC Peradi Bekasi Raya mengibarkan bendera organisasi, disambut tepuk tangan hadirin. Selanjutnya, Ketua Panitia Rahmat Ari Septiawan, S.H., M.H memberikan laporannya, diikuti sambutan-sambutan.

Foto: Ketua DPC (kiri) menerima pataka dari Waketum (kanan)

Dalam sambutannya sebagai Ketua DPC Peradi Bekasi Raya yang baru, Wisman Goklas Siagian mengajak seluruh pengurus untuk menjadikan DPC Peradi Bekasi Raya sebagai Rumah Bersama Advokat dalam mengemban amanah penegakan hukum yang berintegritas dan menjalankan etika profesi. Tak lupa mengucapkan terimakasih kepada DPN Peradi RBA, Walikota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, dan dari beberapa pengurus wilayah yang hadir, serta para tamu undangan.

Sementara itu, sambutan dari Walikota Bekasi, yang mestinya diwakili Sekda, namun diwakilkan lagi dari bidang hukum. Selanjutnya, sambutan dari Kapolres, yang diwakili Kasi Kum, Ibu Kompol Sumini.

Sementara itu, sambutan terakhir disampaikan Wakil Ketua Umum, Saor Siagian, SH., MH, mewakili Ketua Umum. Dalam sambutannya, Saor Siagian mengatakan, profesi Advokat adalah profesi terhormat namun sekaligus memiliki tantangan yang luar biasa.

Pengacara kondang ini juga menjelaskan, bahwa organisasi Peradi sebagai wadah profesi Advokat pada dasarnya adalah organ negara dalam arti luas, yang bersifat mandiri (independent state organ). Dan sekaligus juga melaksanakan fungsi negara.

Sebelumnya, acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan diakhiri dengan doa yang dibawakan oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi, H. Syahrizal Effendy Damanik. Acara pelantikan berjalan lancar, dan ramah tamah berlanjut dengan makan malam dan hiburan. DANTAS