Wakasad Hadiri Penetapan 2.497 Orang Menjadi Komponen Cadangan

Redaksi

HIPAKAD63.News | BANDUNG,–

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto menghadiri Upacara Penetapan 2.497 orang menjadi Komponen Cadangan (Komcad), yang dilaksanakan di Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023).

Upacara Penetapan Komcad ini dipimpin oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto, yang mewakili Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Menhan RI sempat melakukan pemeriksaan pasukan dan pemeriksaan kelengkapan Komcad dalam upacara tersebut.

Sementara itu, dalam amanat tertulis Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Menhan Prabowo Subianto, terungkap bahwa pembentukan Komcad diperlukan untuk memenuhi amanat Undang-Undang yang mengatakan bahwa seluruh warga negara berhak dan wajib dalam upaya mempertahankan negara. Atas dasar itu, maka ribuan orang yang berasal dari Sabang hingga Merauke ini ditetapkan sebagai Komcad, setelah sebelumnya mereka melewati berbagai pelatihan yang dilakukan secara tersebar di beberapa lembaga pendidikan Kotama TNI, baik Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.

Usai upacara, diperagakan berbagai demonstrasi, antara lain bongkar pasang senjata, bela diri tangan kosong, kolone senapan dan ketangkasan lainnya, pertunjukan seni budaya, serta diakhiri dengan defile pasukan.

Upacara Penetapan Komcad ini juga dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafidz, serta perwakilan pejabat dari tiga matra TNI dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (Dispenad/Hipakad63.News)

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news