Sebanyak 12 Ribu Warga Berangkat Mudik Gratis 2024, Sekda Joko Pesankan Jaga Keselamatan di Jalan

HIPAKAD63.NEWS | JAKARTA PUSAT,-

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melepas 12 ribu pemudik yang mengikuti Program Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2024 di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/4). Para pemudik dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono bersama Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) Jaya Brigjen CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar, dan Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan.

Menurut Joko, program Mudik Gratis merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalur mudik jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H. “Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan pada saat mudik, khususnya bagi para pemudik yang menggunakan moda sepeda motor. Dan juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan moda transportasi yang mudah dan aman dalam momen perayaan lebaran,” ungkapnya.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyediakan sebanyak 485 bus untuk mengangkut penumpang saat mudik dan balik. Sebelumnya, pada Rabu (3/4) di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, telah diberangkatkan 12 truk yang mengangkut 335 unit motor ke enam kota tujuan, yaitu Semarang, Kebumen, Solo, Jogya, Wonogiri, dan Malang.

“Bapak Gubernur berpesan kepada para pengendara bus agar berhati-hati, selalu melakukan pemeriksaan kendaraan. Kemudian patuhi aturan lalu lintas dan tidak kebut-kebutan dengan kendaraan lain. Beliau juga berpesan kepada para penumpang agar menjaga kebersihan dan ketertiban di dalam bus agar suasana perjalanan menjadi aman dan nyaman,” tutur Joko.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pelaksanaan Mudik Gratis 2024 dilakukan bersinergi dengan sejumlah pihak, di antaranya TNI dan Polri. Hari ini, sebanyak 279 bus diberangkatkan ke 19 kota/kabupaten di enam provinsi.

“Untuk pemberangkatan hari ini, tercatat sebanyak 12.170 penumpang. Sedangkan untuk arus balik akan diberangkatkan sebanyak 206 unit bus yang nantinya akan mengangkut sebanyak 9.186 penumpang,” ungkapnya.

Salah satu penumpang Mudik Gratis asal Malang, Ridwansyah, bersyukur karena mendapatkan kesempatan mudik tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli tiket. “Saya mudik sama anak dan istri ke Malang, jadi bertiga. Begitu ikut program Mudik Gratis artinya kita bisa simpan uang yang harusnya untuk beli tiket jadi bisa buat yang lain, kayak buat bagi-bagi rezeki ke keponakan,” jelasnya.

Ia berharap, program Mudik Gratis dapat berjalan secara berkelanjutan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan agar bisa mudik ke kampung halaman. “Mudah-mudahan ada terus biar setiap tahun bisa mudik,” katanya.

19 kota tujuan program Mudik Gratis 2024 yaitu:

1. Provinsi Lampung: Kota Bandar Lampung.

2. Sumatera Selatan: Kota Palembang.

3. Jawa Barat: Tasikmalaya dan Kuningan.

4. Jawa Tengah: Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, dan Sragen.

5. D.I Yogyakarta: Kota Yogyakarta.

6. Jawa Timur: Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

 

Sumber : Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Exit mobile version