PMI Purbalingga Latih Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat

Redaksi

Hipakad63.news l Purbalingga –

Dalam rangka turut mengantisipasi sekaligus sebagai respon PMI Kabupaten Purbalingga dalam menyiapkan kader yang dapat menggerakkan masyarakat agar sadar terhadap ancaman bencana dan memiliki kapasitas menghadapi serta menangani kondisi bencana yang mungkin terjadi di wilayahnya, bersama Kodim 0702/Purbalingga menggelar pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat Tahun 2021.

Sebanyak 120 orang perwakilan yang berasal dari 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga yaitu Kecamatan Pengadegan, Kaligondang, Kejobong dan Bukateja terlibat dalam pelatihan ini yang dilaksanakan mulai tanggal 16-18 Desember 2021 di komplek gedung eks SMP Negeri 3 Purbalingga Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga, Kamis (16/12/2021).

Melalui kegiatan ini, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi selaku Ketua PMI Kabupaten Purbalingga dalam amanat upacara pembukaan yang dibacakan oleh drg. Hanung Wikantono menuturkan jika pelatihan yang dilaksanakan merupakan pelatihan kesiapsiagaan bencana dimana relawan yang dilibatkan bersumber dari masyarakat.

“Upaya mencetak relawan PMI yang bersumber dari masyarakat agar memiliki jiwa kesukarelaan dan dapat berperan aktif dalam upaya serta antisipasi penanggulangan bencana dengan cepat sehingga bisa menjadi andalan membantu PMI dalam setiap kegiatan penanggulangan bencana yang ada di desanya,” kata Ketua PMI dalam amanatnya.

Di tempat yang sama, Pelda Waluyo selaku salah satu pelatih dari Kodim 0702/Purbalingga menuturkan hal senada jika keterlibatan pihaknya sebagai upaya turut berperan aktif dalam menyiapkan dan mencetak relawan PMI yang bersumber dari masyarakat agar dapat saling mendukung dalam penanganan bencana.

“Agar semakin meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tentang kebencanaan, kepalangmerahan dan kemanusiaan terutama respon dan kerjasama dengan berbagai unsur kebencanaan saat terjadi bencana di desanya,” ungkapnya menegaskan.

Dipihak lain Surono, warga Desa Pangempon Kecamatan Kejobong merupakan salah satu peserta dalam kegiatan ini menuturkan jika dirinya merasa beruntung turut mendapat kesempatan menjadi peserta sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan tentang kesiapsiagaan bencana.

“Menambah wawasan kami tentang manajemen kebencanaan dan penanganannya baik pra, saat maupun pasca bencana agar masyarakat tidak menjadi objek saat terjadi bencana tetapi dapat menjadi subjek turut menangani dan meringankan saat terjadi bencana,” ujarnya. (Pendim 0702/Purbalingga/ Hipakad’63.News)