Pj. Gubernur Heru Apresiasi Pemenang Festival Bedug Tahun 2024, Wujud Pelestarian Budaya Betawi

Redaksi

HIPAKAD63.NEWS | JAKARTA,-

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan penghargaan kepada pemenang Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 di Balairung, Balai Kota Jakarta, pada Senin (1/4). Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Heru menuturkan, pelaksanaan festival ini merupakan wujud nyata upaya pelestarian budaya Betawi melalui pertunjukkan bedug dengan nuansa Islami di Kota Jakarta.

“Semoga prestasi yang diraih para pemenang menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berkontribusi dalam melestarikan budaya Betawi di Kota Jakarta. Selamat kepada para pemenang,” ungkapnya.

Pj. Gubernur Heru juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan Festival Bedug ini. “Saya berpesan kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta agar terus mendukung pelibatan generasi muda Jakarta dalam berbagai kegiatan budaya, baik melalui pelatihan, penampilan, maupun lomba, seperti Festival Bedug ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 telah selesai dilaksanakan di Halaman Balai Kota Jakarta, Jumat (28/3) lalu. “Festival Bedug diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kota/kabupaten hingga provinsi,” ujar Iwan.

Ia menjelaskan, Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 diikuti sebanyak 16 grup, yang meraih Juara 1, 2, dan 3 pada kegiatan serupa yang digelar di lima wilayah Kota dan Kabupaten Administrasi. Setiap grup melibatkan sembilan orang, terdiri dari lima orang pemukul bedug, dua orang pelantun takbir, dan dua orang pemain musik tambahan.

“Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 menghasilkan lima juara, yakni Juara I diraih oleh grup dari Kelurahan Matraman, Jakarta Timur. Kemudian, Juara II diraih oleh grup dari Kelurahan Balekambang, Jakarta Timur. Juara III diraih oleh grup dari Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sementara itu, Juara Harapan I diraih oleh perwakilan dari Kelurahan Petukangan Utara, Jakarta Selatan, serta Juara Harapan II diraih oleh perwakilan dari Kelurahan Galur, Jakarta Pusat,” paparnya.

Ia menuturkan, para pemenang Festival Bedug Tingkat Provinsi DKI Jakarta menerima tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dengan jumlah yang bervariasi, yakni Juara I sebesar Rp 25 juta, Juara II sebesar Rp 20 juta, Juara III sebesar Rp 15 juta, Juara Harapan I sebesar Rp 12,5 juta, dan Juara Harapan II sebesar Rp 10 juta.

 

Sumber : Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta