“PERDJOEANGAN”, DEMI MENUNJUKKAN EKSISTENSI BELAJAR DARI SEMANGAT “SERANGAN OEMOEM 1 MARET 1949”

Kita perlu menjalin kerja sama dengan semua kekuatan, kelompok atau entitas, baik didalam negeri yang memiliki kesamaan tujuan sesuai dengan cita-cita negara merdeka, maju kuat, sejahtera, adil makmur berdasarkan Pancasila, dan UUD'45 dan luar negeri yang wajib menghormati, menghargai Indonesia sebagai sebuah negara Merdeka.

Redaksi

Perjuangan untuk menunjukkan eksistensi adalah hal yang penting bagi setiap entitas atau kelompok, terutama bagi yang eksistensinya seringkali dianggap tidak relevan atau bahkan hendak dihapuskan oleh kepentingan kelompok&/ negara Agresor.

Jika suatu entitas atau kelompok dianggap sudah tidak eksis, maka mereka tidak lagi memiliki hak dan perlindungan yang sama seperti entitas atau kelompok yang diakui eksistensinya.

Selayaknya Semangat Serangan Umum 1 Maret 1949 yang dilakukan oleh Indonesia dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam memperjuangkan eksistensinya. Saat itu, Indonesia sedang berjuang untuk menunjukkan eksistensinya pada dunia, dan Serangan Umum 1 Maret 1949 menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia masih ada dan berjuang untuk merdeka.

Demikian pula dengan kita saat ini harus terus berjuang dan memikirkan strategi yang tepat untuk menunjukkan eksistensi kita baik di dalam negeri maupun di dunia internasional.

Kita perlu menjalin kerja sama dengan semua kekuatan, kelompok atau entitas, baik didalam negeri yang memiliki kesamaan tujuan sesuai dengan cita-cita negara merdeka, maju kuat, sejahtera, adil makmur berdasarkan Pancasila, dan UUD’45 dan luar negeri yang wajib menghormati, menghargai Indonesia sebagai sebuah negara Merdeka.

Selain itu, penting juga bagi untuk menjaga solidaritas dan persatuan di antara sesama anak bangsa saudara seperjuangan, serta terus memperkuat identitas kita sebagai sebuah entitas atau kelompok yang memiliki eksistensi yang penting.

“Indonesia perlu terus menunjukkan eksistensinya agar dunia dapat melihat bahwa mereka ada dan meraih hak yang sama. Seperti halnya Indonesia pada Serangan Umum 1 Maret 1949, perjuangan untuk menunjukkan eksistensi adalah langkah penting untuk memperoleh pengakuan dan meraih kemerdekaan sejati”

Penulis Oleh : Herdjuno, Ketua Umum Talikama Indonesia, Pengurus Dekopin DIY, Mantan Anggota DPRD Provinsi DIY,Senior FKPPI DIY,Senior Putra TNI-AD

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news