HIPAKAD Berlogo Melati  Tidak Pernah Padam

Redaksi
Penulis : R.A. ARINI SUDJOKO, S.H Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DPP HIPAKAD’63.
Penulis : R.A. ARINI SUDJOKO, S.H Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DPP HIPAKAD’63.

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI,-

Perjalanan panjang organisasi HIPAKAD yang kepanjangannya adalah Himpunan Putra Putri Keluarga Besar TNI AD, merupakan organisasi yang terlahir dari wadah kepemudaaan dilingkungan TNI Angkatan Darat. Dimana wadah ini didirikan/dilahirkan pada tanggal 20 Juni 1963 dilingkungan SESKOAD Bandung oleh Komandan Seskoad Letjen TNI Soedirman pada saat itu. ( tertuang dalam buku Karya Juang Seskoad, Hal 154 tentang HIPAKAD berlogo MELATI-red)

Dimana kepengurusan pada saat itu silih berganti per 2 tahun, seiring jalannya waktu pada tanggal 11 Nopember Tahun 2006 tebentuklah wadah IKB HIPAKAD (Ikatan Keluarga Besar Himpunan Putra Putri Keluarga TNI Angkatan Darat. Dan pada saat itu wadah pemuda –pemudi berubah menjadi Putra dan Putri karena anggotanya lintas generasi, baik yang masih muda maupun yang sudah lanjut usianya.

Dengan kesadaran yang tinggi untuk memajukan wadah ini menjadi organisasi yang professional pada tanggal 26 Pebruari 2011 wadah ini di akte notariskan melalui Notaris Yeti Nurhayati, S.H dengan nama HIPAKAD menjadi organisasi kemasyrakatan dan didaftarkan di Pengadilan Negeri Bandung, dimana Ketua Umum pertama organisasi ini adalah Lukman Hasbi (2011-2015) anggotanya bukan hanya dari putra-putri dilingkungan Seskoad melainkan sudah bisa bagi putra-putri TNI AD secara umum.

Pasang surut dan dinamika organisasi adalah hal yang biasa . Pada saat itu terjadi perubahan perundang-undangan dimana mengatur wadah organisasi harus didaftarkan ke Kemenkumham tahun 2017 . Yang pada saat itu Ketua Umumnya Sahala Hutabarat mendaftarkan organisasi Hipakad ditolak karena sudah ada yang mendaftarkan terlebih dahulu oleh pihak lain dengan nama Hipakad  dengan logo yang berbeda.

Baca JugaRefleksi Perjalanan Hipakad Yang Lahir di Seskoad Bandung 58 Tahun Lalu.

Pada tanggal 30 September 2019 melalui Notaris Yudi Priadi, S.H dengan akta notaris nomor 16, sudah didaftarkan ke Kemenkumham dengan nama organisasi Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat Enam Tiga dengan singkatan HIPAKAD’63 dan terbitlah Nomor AHU-0010590.AH 01.07. TAHUN 2019. Sesuai dengan diterbitkan Akta Notaris tertanggal 30 September 2019 No.16, Ketua Umum dijabat oleh Sahala Hutabarat untuk masa bakti 2019-2023.

Pada Tahun 2022 Sahala Hutabarat mengundurkan diri dikarenakan kesibukannya yang tak dapat ditinggalkan. Dan untuk kemajuan dan perkembangan HIPAKAD’63 melalui rapat pleno terpilihlah pengganti Sahala Hutabarat yaitu saudara R.Samiyono Djoko W, S.H sebagai Ketua Umum untuk melanjutkan kepemimpinan HIPAKAD’63 berlogo Melati ini dengan dilakukan gelar Sertijab (terdokumentasikan-red)

Selama kurang lebih satu tahun Ketua Umum HIPAKAD’63 R.Samiyono Djoko W, S.H bersama jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terus berupaya membesarkan organisasi ini dengan melakukan konsolidasi Internal dan saat ini sudah terbentuk 4 (Empat) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tingkat Provinsi yakni DPW HIPAKAD’63 ACEH, DPW HIPAKAD’63 SUMUT, DPW HIPAKAD’63 JAWA BARAT, DPW HIPAKAD’63 GORONTALO, dan Calon DPW HIPAKAD’63 YOGYAKARTA, DPW HIPAKAD’63 JAMBI, DPW HIPAKAD’63 SUMATERA BARAT, DPW HIPAKAD’63 KEPULAUAN RIAU dan DPW HIPAKAD’63 Provinsi lainnya yang akan bergabung.

Selain konsolidasi organisasi dengan membetuk DPW Hipakad’63 sesuai yang diamanatkan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Peraturan Organisasi (PO) dalam menjalankan organisasi ini, serta pengembangan organisasi diseluruh Provinsi di Indonesia.

Sebagai anak prajurit senatiasa terus berbakti dan mengabdi kepada Bangsa dan Negara melalui kegiatan di masyarakat dimana tugas-tugasnya masing masing terdistribusikan melalui Lembaga yang sudah terbentuk yakni Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum HIPAKAD’63 yang berdiri pada tahun 2020 mengabdi melalui bidang Hukum, Lembaga Informasi dan Publikasi melalui Media Online dan Cetak dengan nama media HIPAKAD63.News yang dierbitkan oleh PT SEMANGAT JUANG ENAM TIGA pada tahun 2021 mengabdi dalam bidang informasi publik melalui karya Jurnalistik yang professional, Koperasi Viyata Wira Karya yang berdiri tahun 2023 yang mengabdi dibidang Ekonomi kerakyatan yang bersifat gotong royong dan akan terbit juga Lembaga Satgas Mafia Tanah,Saber Pungli dan Lingkungan Hidup yang mengadi dan membantu masyarakat dibidang Agraria (Pertanahan) dan menciptakan budaya bersih di Indonesia.

Pengurus DPP yang dikomandoi Ketua Umum R.Samiyono Djoko.W, S.H juga melakukan komunikasi kepada Pembina dalam Hal ini KASAD dan PPAD Pusat melalui surat pemberitahuan dengan nomor : 011.E/SP/DPP-HPKAD-63/VIII/2022 perihal Pemberitahuan Keberadaan Organisasi HIPAKAD’63 dan sebelum Hari Jadi nya yang Ke-60 juga melakukan komunikasi dengan Pembina melalui surat audiensi yang dilayangkan pada tanggal 15 Juni 2023.

Demikianlah sekilas sejarah singkat tentang HIPAKAD berlogo Melati dari masa ke masa yang Tidak Pernah Padam hingga pada saat ini (24/6/2023) kita merayakan HUT Ke-60 HIPAKAD’63 yang hari jadinya jatuh pada tanggal 20 Juni 1963 di SESKOAD BANDUNG.

Penulis berharap Pembina organisasi yang berhimpun Putra-Putri TNI Angkatan Darat yang bergabung di HIPAKAD’63 berlogo Melati ini dapat diakomodir sehingga tidak terjadi pertanyaan bagi anggota ataupun gesekan dalam kegiatan ditengah-tengah masyarakat, Dimana sejarah organisasi ini yang cukup panjang dan jelas.

Kiranya Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua.

HIPAKAD’63……JAYA……JAYA……..JAYA.

Penulis : R.A. ARINI SUDJOKO, S.H  Jabatan : Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DPP HIPAKAD’63.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news