Demi Akses Pertanian, Para Petani Gotong Royong Buat Jembatan Dari Bambu

Redaksi

Hipakad63.News | Pangandaran –

Warga Desa Paledah Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran ber-gotong royong membuat jembatan bambu yang sebelumnya rusak akibat rusak dimakan usia dan faktor bahan baku.

Pantauan Hipakad63.News  meskipun dengan menggunakan bambu seadanya dan di ikat dengan kawat, para petani terpaksa harus membuat jembatan itu, sebab akses tersebut digunakan untuk kepentingan pertanian.

Baca JugaBabinsa Koramil 1318/Padaherang Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa Tahap I Tahun 2022

Salah satu warga Desa Maruyungsari yang memiliki lahan garapan di lokasi BL 08 dan 09, Sadi (56) mengatakan, jembatan tersebut merupakan akses yang sering dilalui oleh para petani untuk membawa hasil panen ke rumah masing-masing,”kata Sadi .Kamis, (02/06/2022)

“Bangunan jembatan yang dulu juga terbuat dari bambu. Karena rusak, akhirnya warga khususnya para petani membangun kembali jembatan tersebut,” ujar Sadi.

“Oleh sebab itu kami ber-gotong royong membuatnya kembali, karena jika tidak dibuat kami harus melintas di air sungai tersebut,” imbuhnya.

Menurut kepala Dusun Mekarjaya Wagio Suyono, jembatan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh petani untuk menuju lahan pertanian. Jembatan ini juga sebagai akses Tractor untuk mengolah lahan para petani,”ungkapnya.

Baca JugaTidak Sesuai Spesifikasi, Proyek Beronjong Di Desa Ciganjeng Asal Jadi

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya jembatan bambu bisa memudahkan petani beraktivitas baik mengangkut hasil bumi maupun sebagai akses para pembajak sawah, walaupun hanya setahun sekali panen Karena sudah menjadi langganan banjir dan imbas dari rembasan sungai Citanduy dan air datang dari dua Desa di musim penghujan, namun para petani tetap semangat menggarap sawah nya ,” ujarnya.

Kadus berharap semoga ke depan pemerintah bisa membangunkan jembatan secara permanen. Dengan demikian, warga mudah dan nyaman saat mengangkut hasil pertaniannya, karena jembatan bambu ini tidak bisa dilintasi oleh kendaraan bermotor,”harapnya. (Hipakad63.News)

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news