Babinsa Sadapaingan dan Warga Gotong Royong Bersihkan Jalan Tertimbun Tanah Longsor

Redaksi

HIPAKAD63.NEWS | CIAMIS,-

Akibat intensitas hujan tinggi sejak Minggu (14/4/2024) sore hingga malam hari, mengakibatkan jalan di Dusun Karangsumiar RT/RW 01/06 Desa Sadapaingan Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis tertimbun tanah longsor.

Mengetahuinya hal tersebut, Babinsa Koramil 1309/Panawangan , Praka Ade Gunawan bersama masyarakat langsung turun ke lokasi untuk berupaya mengatasi bencana longsor di desa binaannya itu, Senin (15/4/2024).

Setiba di lokasi, Babinsa Praka Ade Gunawan bersama warga langsung berupaya mengatasi tanah longsor tersebut. dengan alat seadanya, mereka membersihkan tanah yang sudah menutup badan jalan.

“Kejadian tanah longsor ini diakibatkan oleh hujan deras yang terjadi sejak sore hari kemarin,” jelas Babinsa. Ia juga menuturkan, dimana akibat longsor tersebut, aktivitas warga terhambat dan terganggu.

“Untuk itu, kita bersama warga setempat bergotong royong menyingkirkan tanah yang menutupi badan jalan. Sehingga, warga bisa melintas,” imbuh Praka Ade Gunawan

Babinsa Praka Ade Gunawan mengatakan, saat ini warga sudah dapat melalui jalan tersebut, akan tetapi cuma baru kendaraan roda dua yang bisa melintas.

“Kita akan terus berupa memindahkan material longsor ini. Selain itu kita juga sudah melaporkan ke Danramil,” sebut Babinsa.

Sementara, Batuud Koramil 1309/Panawangan Kodim 0613/Ciamis,Serma Indra yang mendapati laporan dari Babinsa nya langsung menjalin koordinasi dengan Kecamatan dan pihak terkait untuk supaya mengatasi kejadian longsor itu secara optimal.

“Kita harapkan, tanah longsor ini segera dapat diatasi, sebab sangat mengganggu aktivitas warga di wilayah Dusun Karangsumiar,” pungkas Serma Indra.(pendim/h63n)