Babinsa Koramil 1318/Padaherang ; Rt Rw Adalah Garda Terdepan Pembanguan Kelurahan/Desa

Redaksi

Hipakad63.news I Pangandaran –

Pemerintah Desa Pasirgeulis Kecamatan padaherang, Kabupaten Pangandaran mengadakan rapat untuk menyalurkan uang insentif RT/RW dan Linmas dari Anggaran Dana Desa (ADD). Penyaluran uang insentif sendiri dibagikan di Aula Desa Pasirgeulis, Rabu (16/02/2022).

Penyaluran uang insentif tersebut langsung diberikan oleh Pemdes kepada RT/RW maupun linmas se-Desa Pasirgeulis.
‘Penyaluran uang insentif RT/RW dan Linmas ini dihadiri oleh Sekdes Pasirgeulis Eko SI.p, kasi Pemerintahan Cucu Heryani SI.p, Ketua BPD Ade Rahmat dan Anggota, dan Babinsa Koramil 1318/Padaherang serda Kusmarlan.

Babinsa Koramil 1318/Padaherang Kodim0613/Ciamis serda Kusmarlan mengatakan, penyaluran uang insentif RT/RW dan Linmas meliputi jumlah dari 25 RT dan 6 RW dan Linmas
“Karena Sinergitas RT, RW dan linmas tidak dapat dipisahkan dari Babinsa , hari ini Pemerintah Desa pasirgeulis memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas kinerja dalam memonitoring masyarakat selama 24 jam secara langsung,” ujar Babinsa.

“Ketua RT dan RW merupakan ujung tombak Pemerintah Desa karena berhadapan langsung dengan masyarakat, terutama dalam masa pandemi Covid-19 seperti ini, ketua RT dan RW harus aktif mengontrol penerapan protokol kesehatan warganya guna mencegah penularan virus Covid-19.” Imbuhnya.

Babinsa berharap Program – program pemerintah pusat juga sudah saatnya melibatkan langsung para pengurus RT/RW sebagai operator/petugas lapangan, tentunya dengan pelatihan – pelatihan intensif yang diberikan terlebih dahulu kepada mereka. Sensus penduduk, sensus ekonomi, sensus pertanian, penyuluhan agama, kesehatan bahkan pendampingan keluarga harapan atau program lainnya akan lebih berhasil dengan melibatkan mereka sebagai petugas langsung..

Hal ini sangat berdampak positif bagi peningkatan sumberdaya manusia desa serta akan memberikan informasi yang lebih akurat kepada pemerintah tentang kondisi terkini masyarakat karena merekalah yang setiap hari bersinggungan langsung dengan masyarakat. Semua itu juga bisa mengurangi anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah untuk mensukseskan program – program tersebut,”jelas Serda Kusmarlan.

Pengurus RT/RW adalah garda terdepan pembangunan kelurahan bahkan peningkatan kualitas serta kesejahteraan mereka adalah salah satu faktor pendorong suksesnya program pembangunan tersebut. Memaksimalkan peran dan fungsi pengurus RT/RW akan berdampak besar bagi program pembangunan kelurahan dan nasional, dan dengan meningkatnya kualitas pengurus RT/RW maka akan berjalannya fungsi mereka dengan maksimal,”pungkasnya.(H63N)

Penulis: KartimEditor: BIN