31 Kelurahan di Kota Bekasi Lakukan Deklarasi ODF

Redaksi

HIPAKAD63.News | KOTA BEKASI,-

Pemerintah Kota Bekasi pada hari ini lakukan deklarasi ODF (Open Defecation Free) untuk kelurahan di Kota Bekasi serta Jambore Kader Kota Bekasi. Hadir Walikota Bekasi, Tri Adhianto bersama Ketua Kota Bekasi Sehat, Wiwiek Hargono dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawaty beserta Camat dan Lurah se-Kota Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti menyampaikan sejumlah permasalahan di bidang kesehatan antara lain perkembangan stunting pada balita, karena adanya faktor gizi buruk, dan saat ini gencar dengan Kelurahan terbebas dari buang air besar sembarangan.

Ia katakan bahwa menjadi masalah kesehatan, akan tetapi capaian target menjadi Kota sehat untuk Kota Bekasi harus terbebas dari stunting dan ODF, dan pada hari ini Walikota Bekasi akan mendeklarasikan 31 Kelurahan menjadi kelurahan ODF.

Deklarasi dibacakan langsung oleh Ketua Forum Kota Bekasi Sehat, Wiwiek Hargono bersama Walikota Bekasi dan diikuti oleh para 31 Lurah.

Dalam sambutannya, Tri sampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berhasil membawa 31 Kelurahan mendeklarasikan pada hari ini sehingga Kota Bekasi memiliki 52 Kelurahan ODF atau 92%.

“Untuk 4 Kelurahan lagi akan segera dipacu untuk menjadikan Kota Bekasi sebagai Kota ODF, kemudian Pemerintah Kota Bekasi berjuang bersama Forum menuju Kota Bekasi yang sehat. “Mari bersama kita bentuk dan pertahankan juga menambah 4 Kelurahan lagi untuk Kota Bekasi ODF.” Kata Tri.

Tri melanjutkan, “Menjadi hal yang cukup memprihatinkan ketika mitra ibu kota ternyata masih memiliki perilaku buang air besar sembarangan, masih menggunakan yang tidak sehat dengan menjadikan kali menjadi tempat pembuangan limbah”.

Ia menegaskan, salah satu indikator kota yang dinyatakan tidak sehat adalah perilaku buang air besar sembarangan.

“Ini menjadi tugas kita bersama dalam menanggulanginya karena ada unsur prasarana, perilaku, pemantauan dan pemberdayaan, terutama wilayah baik Kecamatan dan Kelurahan hendaknya dapat meningkatkan dan sosialisasi warganya untuk hidup sehat dan bersih” kata Tri.

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news