Tasikmalaja Tempo Doeloe Melakukan Perbaikan Tugu Sejarah Batalyon Beruang Merah 3135

Redaksi

Hipakad63.news | Tasikmalaya –

Tempuh langkah nyata dengan dukungan Walikota, TTD (Tasikmalaja Tempo Doeloe) garap perbaikan Tugu Sejarah Batalyon Beruang Merah.” di Kota Tasikmalaya. Kawalu Tasikmalaya Sabtu 29 januari 2022

Tasikmalaja Tempo Doeloe memulai garapan perbaikan tugu sejarah Batalyon Beruang Merah 3135, hal ini dilakukan atas dasar Visi Misi TTD yang programnya melestarikan nilai nilai sejarah. Di prasasti tugu tersebut tertulis bahwa pada Perang Kemerdekaan I sekitar tahun 1947-1948 di lokasi ini.

Dahulu tempat ini merupakan Posko Batalyon Beruang Merah Diviisi Siliwangi. Batalyon tersebut dulu fungsinya untuk menghadang musuh dari Sektor Tasikmalaya bagian Selatan, Kawalu, Cibeureum, Sukaraja Cibalong dan Karangnunggal.

Batalyon Beruang Merah pada saat itu dipimpin Mayor Sani Lufias Abdurachman sebagai Danyon yang membawahi beberapa orang staf nya. Beliau saat ini usianya sudah menginjak 90 tahun lebih, dan bertempat tinggal di Bandung.

Merasa peduli dengan melihat kondisi Tugu yang bersejarah ini TTD pada Bidang Sejarahnya dengan sigap membentuk Tim untuk menempuh langkah langkah nyata guna memperbaikinya , dengan harapan untuk menumbuhkan semangat Nasionalisme para pejuang agar dapat di ikuti oleh para pengisi kemerdekaan di generasi saat ini dan generasi selanjutnya.

“Bahkan bukan hanya Tugu Beruang Merah ini saja yang akan di perbaiki nya ,tapi masih ada tugu-tugu bersejarah lainnya yang banyak tersebar di Kota/Kabupaten Tasikmalaya.”ucap Nur Apandi (Galista) selaku ketua TTD saat di wawancara yang sedang memantau para Tim yang bekerja.

“Tentu kami akan mengajak semua pihak agar sama sama peduli ,dan rasa memiliki aset aset sejarah yang ada di Kota/Kabupaten Tasikmalaya ini,” pungkas Nur Apandi (Galista) , ketua TTD.. (Hipakad63.news)