Tanggul Sungai Tidak Kuat Menahan Debit Air Puluhan Hektar Sawah Milik Warga Terendam Air

Hipakad63.news l  Pati –

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah kecamatan Wedarijaksa kabupaten Pati seminggu lalu mengakibatkan jebol-nya tanggul sungai di desa Margorejo. Puluhan hektar sawah milik warga dukuh Masong desa Margorejo pun terendam air karena Tanggul Sungai tidak kuat menahan debit air yang mengalir serta menggerus tanggul sungai.

Menurut penuturan Danramil 07/Wedarijaksa Kapten Inf Munawar bahwa kejadian jebol-nya tanggul sudah seminggu lalu namun perbaikan baru bisa dilaksanakan pada hari ini.Sabtu,(04/12/2021).
“Perbaikan tanggul sungai baru bisa kita laksanakan hari ini karena menunggu surut-nya air di sungai tersebut,”ujar Kapten Munawar.

Terlihat ia mempimpin langsung anggota Koramil bergotong royong memperbaiki tanggul sungai yang jebol dengan kelebaran 8 meter di dukuh Masong desa Margorejo Kecamatan Wedarijaksa.

Turut juga dalam kegiatan tersebut yakni Pj Kades Margorejo beserta perangkat desa, anggota Koramil 07/Wedarijaksa, personel BBWS serta Masyarakat desa Margorejo Kecamatan Wedarijaksa bersama-sama memasang tiang pancang dari bambu sebagai penguat struktur tanggul sebelum diisi tanah liat yang dimasukkan kedalam karung.
“Mulai pagi hingga menjelang dzuhur, alhamdulillah perbaikan tanggul sudah mencapai 80 % dan rencana akan kami lanjutkan besok,”terang Danramil.

Dalam proses perbaikan tanggul sungai tersebut juga di-operasional-kan satu unit excavator dari dinas PU kabupaten Pati untuk membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan. (Pendim 0718/Pati