Ruang Center Komputer SAMSAT Kabupaten Bekasi Terbakar, Petugas Tetap Melayani Masyarakat

 

Kabupaten Bekasi | hipakad63.news— Kantor Samsat Kabupaten Bekasi (Samsat Cikarang) pada hari Sabtu, tanggal 17 Juli 2021, pada jam 02:30 WIB dini hari di bagian Ruang Center Komputer yang ada di gedung utama kantor tersebut terbakar.

Berawal saat petugas yang piket mencium bau benda yang terbakar, ia lalu memeriksa lokasi asal bau tersebut dan melihat adanya kepulan asap dan titik api yang berasal dari ruang center komputer Samsat Cikarang tersebut.

“Para petugas yang piket saat itu langsung berbagi tugas, ada yang menghubungi pihak Dinas Pemadaman Kebakaran, ada yang sigap memadamkan aliran listrik agar tidak terjadi korsleting listrik, dan beberapa petugas piket lainnya berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan ada juga yang menyiram dengan air seadanya di kantor Samsat ini,” jelas Katimsus Samsat Cikarang, Aiptu Harwanto kepada awak media mewakili Kanit Samsat, AKP Inge Ajeng Larasati, SIK.

Sekitar 20 menit kemudian, 2 (dua) unit mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi kantor Samsat. Lebih kurang kisaran 45 menit kemudian kobaran api baru dapat dipadamkan.

“Meskipun kami habis mengalami musibah kebakaran, atas instruksi Bapak Dirlantas Polda Metro Jaya, pagi tadi juga kami bersama rekan-rekan dari Pemda dan Jasa Raharja tetap membuka pelayanan perpanjangan atau Pengesahan STNK saja, sedangkan untuk balik nama dan pengurusan STNK baru setelah kami berkordinasi dengan pihak Pemda, saat ini kami buatkan tanda terima dahulu kepada para wajib pajak. Kemungkinan empat hari ke depan dokumennya sudah jadi dan bisa diambil kembali ke kantor Samsat ini,” ungkapnya.

Terkait penyebab kebakaran yang terjadi dan total kerugian yang dialami pihak Samsat Kabupaten Bekasi, sementara ini sedang melakukan proses penyelidikan dan perhitungan dari pihak Tim Investigasi PMJ, Pemda Jabar dan Jasa Raharja.

Kanit Samsat Cikarang pada pagi itu lagi rapat bersama Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Yogo, SIK, MTCP beserta Bapak Bagus juga Bapak Sigit dari Jasa Raharja dan Pemda Jawa Barat.

“Untuk ke depan, kita dari Polri, Pemda dan Jasa Raharja segera berkordinasi lagi untuk meningkatkan keamanan di Samsat Cikarang ini, harapan saya harus ada petugas khusus agar kejadian ini tidak terulang lagi,” pungkas Harwanto. (Bahal)

Penulis: BhlEditor: Wish