Personil Yonmarharlan X Jayapura Pasmar 3 Ikuti Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Redaksi

Hipakad63.news l Jayapura –

Personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura Pasmar 3 mengikuti upacara dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera bertempat di Lapangan Apel Satrol Lantamal X Jayapura Jl. Sam Ratulangi, Porasko, Kota Jayapura. Sabtu (15/01/2021)

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung. Upacara tabur bunga Hari Dharma Samudera tersebut diawali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, kemudian melaksanakan pelarungan bunga oleh Danlantamal X Jayapura dilanjutkan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh Ibu-ibu Jalasenastri.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yang dibacakan oleh Danlantamal X Jayapura mengatakan peringatan Hari Dharma Samudera menegaskan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bertekad mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu kita di dalam pengabdiannya kepada TNI Angkatan Laut bangsa dan negara tercinta.

Peringatan Hari Dharma Samudera untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada 15 Januari 1962. Pada peristiwa itu, tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut, yaitu KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang, dan KRI Harimau, bertempur melawan dua kapal jenis destroyer, serta pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda demi mempertahankan Irian Barat.

Peristiwa tersebut menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan Bangsa Indonesia oleh prajurit-prajurit matra laut dalam menegakkan kedaulatan NKRI. Oleh karena itu pimpinan TNI Angkatan Laut menetapkan bahwa setiap tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.
Turut hadir dalam kegiatan upacara Hari Dharma Samudera Wadanlantamal X, Para Asisten Danlantamal X, Dansatrol Lantamal X, Danyonmarhanlan X, serta para Kadis dan Kasatker Lantamal X.
(Yonmarhanlan X Jayapura/Hipakad’63.news)