Pemkot Bekasi Bersihkan Kali Bekasi Dengan Seehamster

Hipakad63.news | Kota Bekasi –

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membuka acara Grand Launching fasilitas pengelolaan sampah dan aksi bersih Kali Bekasi sekaligus meresmikan serta meluncurkan perahu Seehamster di Kali Bekasi tepatnya di Jalan Delta Raya Kelurahan Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan.

Turut hadir dalam giat tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yayan Yuliana, Direktur Waste4change M. Bijaksana Junerosano, dan Project Manager One Earth One Ocean Harald Frank beserta jajaran. Pemerintah Kota Bekasi meluncurkan Seehamster, yaitu perahu pembersih sungai buatan Jerman yang bertujuan untuk mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah yang ada di sungai Kota Bekasi.

Dalam sambutannya Tri Adhianto mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder. Persoalan sampah di Kota Bekasi cukup kompleks sehingga harus melibatkan seluruh elemen dalam mengatasinya, mulai dari pemilahan, pemisahan, dan proses pengangkutan sampah-nya.

“Keterlibatan unsur eksternal dalam penyelesaian sampah di sungai atau kali yang ada di Kota Bekasi sangat penting. Belajar dari penyelesaian Kali Citarum, pemerintah pusat dibantu rekan-rekan pecinta sungai. Masyarakat juga dapat membantu menyelesaikan persoalan sampah dengan langkah yang dilakukan bersama-sama (dengan pemerintah) sehingga timbul sinergitas,” ujar Tri.

“Apa pun program bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Bekasi, kita akan optimal-kan dan Pemkot Bekasi akan berupaya agar program-program itu dapat berjalan serta memberikan kemaslahatan bagi warga masyarakat Kota Bekasi,” tandasnya.

Terakhir, Wakil Wali Kota Bekasi itu melakukan peninjauan langsung ke Kali Bekasi dengan mengendarai perahu Seehamster. Pemerintah Kota Bekasi berharap keberadaan 3 unit perahu Seehamster dapat mengurangi jumlah timbunan sampah di sungai Kota Bekasi. Perahu-perahu tersebut memiliki kapasitas pengumpulan 50-100 kg sampah per hari.

Exit mobile version