Pangdam XVIII/Kasuari Lepas Personel Sat BKO Teritorial Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA. 2021

Hipakad63.news l Manokwari –

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., melepas personel Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Teritorial Koramil Persiapan Kodam XVIII/Kasuari TA. 2021 karena telah memasuki purna tugas di aula Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat. Selasa (14/12/2021).

Sat BKO teritorial Koramil persiapan ini merupakan perintah Kasad tentang percepatan pembangunan Kodam XVIII/Kasuari, karena wilayah dan Kodam XVIII/Kasuari ini adalah baru.

Selain itu juga dihadapkan dengan kondisi wilayah yang sangat luas dan situasi keamanan yang masih rawan, sehingga di pandang perlu adanya pengembangan satuan Komando kewilayahan berupa Kodim dan Koramil persiapan.

Personel yang dilepas berjumlah 93 orang yang berasal dari Kodam Jaya, Kodam XII/Tanjungpura dan Kodam IM yang telah di tugaskan di berbagai daerah dimana dalam pelaksanaan tugasnya tersebar di wilayah Provinsi Papua Barat.

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan kehadiran Sat BKO teritorial bertugas untuk membantu kesulitan rakyat di daerah, secara khusus bertugas dalam menyiapkan Kodim baru di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

“Tugas pokok Kodim persiapan diantaranya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk penyiapan lahan dalam rangka pembangunan Koramil baru, berkoordinasi dengan kepala suku atau tokoh adat setempat tentang rekruitmen prajurit TNI yang berasal dari putra daerah” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, ancaman kedepan saat ini bukan penjajah namun ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan hankam yang ada di masyarakat untuk itu harus dekat dengan masyarakat.

“Selanjutnya dengan kehadiran Sat BKO pola hidup masyarakat Papua Barat semakin baik dengan kehadiran TNI AD melalui pembekalan, pendampingan, pemberian kepercayaan kepada masyarakat dan pelibatan masyarakat dalam setiap kegiatan,” tuturnya.

TNI itu adalah agent of change karena bagaimana mendesain masyarakat di daerah penugasan menjadi lebih baik, lebih sejahtera TNI juga membangun peradaban baru.

“Saya berharap segala pengalaman selama bertugas sebagai Sat BKO teritorial di Kodam XVIII/Kasuari dan sudah berinteraksi dengan masyarakat papua barat bisa mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” kata Pangdam.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari. (Pendam XVIII/Ksr / Hipakad’63.News)