Nelayan Pesisir Kota Tegal Gelar Sedekah Laut Secara Sederhana.

Hipakad63.news | Tegal –

Nelayan pesisir kota Tegal Jawa Tengah, menggelar acara sedekah laut di tengah pandemi Covid-19 secara sederhana,
Minggu (5/9/2021)

Tradisi tahunan tersebut digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Acara sedekah laut tersebut, dibuka oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, turut hadir Kapolresta Tegal , Kasdim 0712/Tegal, DPRD dan Forkopimda lain nya.

Tujuh kepala kerbau serta sesaji lainnya yang kemudian dibawa ke laut menggunakan perahu dengan sejumlah perahu yang ditumpangi warga dari keluarga nelayan.

“Kita harus mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi. Tahun depan kalau pandemi Covid-19 sudah berakhir kita boleh melaksanakan sedekah laut lebih meriah lagi,”
kata Walikota Tegal

Ketua Panitia Sedekah Laut Santoso melalui Wakil Ketua Kastari mengatakan untuk acara hari ini adalah upacara upacara larung ancak sedekah laut. Ia menyebut sedekah laut merupakan acara tradisi yang sudah ada sejak dulu dan rutin setiap tahun.
Selain syukur atas tradisi, sedekah laut sebagai wujud nelayan nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah.

“Tapi karena tahun ini ada wabah corona, tidak diselenggarakan se-meriah di tahun-tahun sebelumnya,” sebut Kastari.

Dirinya berharap dengan acara sedekah laut ini nelayan bisa berhasil, sukses dan barokah. “Mangkat selamet, balik selamet dan berkah barokah,” pungkasnya