Jackson Marada Turnip Terpilih Menjadi Ketum PPRTB

"Ketua Umum terpilih Jackson Turnip, SH, MH, mengatakan agar pomparan Tamba Tua bersatu dalam PPRTB sehingga kelihatan besar di organisasi Parna (Pomparan Raja Naiambaton) dan semua pomparan generasi mendatang memahami bahwa mereka pomparan Raja Tamba Tua”

Hipakad63.News | Jakarta –

Dalam budaya dan adat istiadat orang batak silsilah/tarombo merupakan sesuatu yang sangat penting, artinya kita dapat mengetahui asal-usul kita dari mana. Maka dari itu Pomparan (keturunan-red) Raja Tamba Tua bersepakat membentuk Parsadaan (perkumpulan-red) Pomparan Raja Tamba Tua dohot boruna (PPRTB) se-Jabodetabek.

Rapat pembentukan PPRTB dilaksanakan pada hari Jumat (27 Mei 2022) bertempat di Lapo Rapolo Jl. Batas No. 4 Pondok Bambu. Jakarta Timur. Sesuai undangan yang disampaikan panitia pelaksana pembentukan PPRTB.

Rapat dihadiri oleh para ketua Umum dan Sekjen pengurus Pomparasn Raja Tamba Tua se Jabodetabek sesuai undangan antara lain:

  1. Agustinus Parlindungan Tamba SE, Akt : Ketua Umum Parsadaan Tamba dohot Boruna Sejabodetabek didampingi Waketum  Matnur Tamba dan Sekjen  Maurits Tamba
  2. Sabar Siallagan : Ketua Umum Punguan Siallagan Jabodetabek
  3. Jackson M. Turnip, SH, MH : Ketua Umum Punguan Turnip Jabodetabek
  4. Jansen Siadari, M.Si : Ketua Umum Punguan Raja Si Opat Ama (Sidabutar, Sidjabat, Siadari, Sidabalok) Jabodetabek.
  5. Jonny Buyung Sidabutar, SH, MH : Ketua Umum Punguan Sidabutar Jabodetabek dan Christiaan Sidabutar, Spsi, MM.
  6. Arifin Sidjabat : Ketua Umum Punguan Sidjabat Jabodetabek.
  7. Karmex Siadari, MT    : Ketua Umum Punguan Siadari Jabodetabek diwakili Jansen Siadari.
  8. Jhon Prinson Sidabalok : Ketua Umum Punguan Sidabalok Jabodetabek diwakili Baharum Sidabalok dan Ketua Wilayah Bekasi Saut Sidabalok.
  9. Pandapotan Munthe : Ketua Umum Punguan Op. Marhati Ulubalang Jabodetabek diwakili Sekjen Luter P Munte.
  10. TNI. Parlin Rumahorbo, M.Si: Ketua Umum Punguan Rumahorbo Jabodetabek diwakili Maradin Rumahorbo.
  11. Bontor Sitio, SE, MM : Ketua Umum Punguan Sitio Jabodetabek.
  12. Dormaringan Napitu : Ketua Umum Punguan Napitu Jabodetabek dan Sekjen Binsar Napitu

Rapat dilakukan sesuai agenda yaitu makan siang bersama, perkenalan setiap peserta, dan acara pembentukan Pengurus PPRTB se-Jabodetabek. Pemilihan Pengurus dilakukan dengan mekanisme yaitu setiap peserta berhak mengajukan nama satu orang calon Ketua.

Dari hasil usulan dalam rapat pembentukan, Jackson Marada Turnip SH, MH unggul dengan perolehan suara 9 orang dan langsung di tetapkan menjadi Ketua Umum, Dr Bongsu Tamba mendapat suara 7 yang ditetapkan menjadi Sekretaris Umum dan Jonny Buyung Sidabutar perolehan suara 4 ditetapkan menjadi Bendahara Umum.

Dan pada saat itu juga susunan Pengurus Harian PPRTB se-Jabodetabek dibentuk, nama-namanya sebagai berikut :

Dewan Marga Marga PPRTB   : Seluruh Ketua Umum Marga Pomparan PPRTB

Ketua Umum                           : Jackson Marada Turnip. SH, MH

Sekretaris Umum                    : Dr Bongsu Tamba, SE, MM

Wakili Sekretarsi Umum       : Christian Sidabutar, Spsi, MM

Bendahara Umum                   : Jonny Buyung Sidabutar, SH MH

Wakil Bendahara Umum       : Drs. Bontor Maruli Sitio MM

Untuk kepengurusan lengkapnya  menurut Ketua Umum terpilih Jackson Marada Turnip, SH, MH akan dilengkapi kemudian.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Umum terpilih Bongsu Tamba yang juga sebagai  inisiator pembentukan Pengurus PPRTB Jabodetabek mengatakan bahwa tujuan rapat ini dilakukan adalah:

  1. Guna melengkapi kepengurusan PPRTB di Wilayah Jabodetabek.
  2. Organisasi PPRTB yang sudah terbentuk dari tahun 1981 ini juga bertujuan untuk menyatukan kembali seluruh Pomparan Raja Tamba Tua yang sudah mamungka/berdiri sendiri yaitu Turnip, Siallagan dan Simataraja (Tamba Sitonggor), Sidabutar, Siadari, Sijabat, Sidabalok, Munte (Tamba Lumban Tongatonga). Rumahorbo. Napitu, Sitio, Sidauruk (Tamba Lumban Toruan) dan marga Tamba. Dan lain lain
  3. Konsolidasi setiap marga yang berada di PPRTB, agar konsisten bagi generasi mendatang memakai marga dari pomparan Raja Tamba Tua
  4. Memberikan usulan ke Munas untuk memperbaiki dan menetapkan marga dan silsilah atau tarombo pomparan Raja Tamba Tua.

Menurut Jonny Buyung Sidabutar, SH, MH Anggota DPR RI 2004-2009 yang juga ketum Toga Sidabutar dan pengusaha ini mengatakan, PPRTB se-Jabodetabek sangat dibutuhkan untuk mempersatukan pomparan Raja Tamba Tua dan kalau bisa Pengurus PPRTB se-Jabodetabek merupakan kepengurusan yang khusus, karena dianggap barometer dari semua kepengurusan di seluruh Indonesia.

Dalam mengakhiri rapat, Ketua Umum terpilih Jackson Turnip, SH, MH, mengatakan agar pomparan Tamba Tua bersatu dalam PPRTB sehingga kelihatan besar di organisasi Parna (Pomparan Raja Naiambaton) dan semua pomparan generasi mendatang memahami bahwa mereka pomparan Raja Tamba Tua” tutup Ketua Umum.

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news

Exit mobile version