Halal Bihalal Katar Bina Muda Dusun Tarisi

Redaksi

Hipakad63.News | PANGANDARAN –

Keluarga besar karang taruna Bina Muda Dusun Tarisi Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang mengadakan kegiatan halal bi halal dan kegiatan perkumpulan rutin. Hal ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME di hari kemenangan ini, Rabu, 04/05/2022.

Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial, perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS). Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga : https://hipakad63.news/pesan-dan-harapan-kepala-sekolah-pada-milangkala-smpn-4-padaherang-ke-24-tahun-bertepatan-bulan-suci-ramadhan/?amp

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus ketua Karang Taruna Dusun Tarisi mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak dan memberikan penegasan bahwa terselenggaranya acara halal bihalal ini merupakan hasil buah dari semangat optimisme kerja sama antar kaum pemuda Dusun Tarisi, pemerintah desa dan seluruh lapisan masyarakat khususnya Dusun Tarisi.

“Saya selaku ketua panitia meyakini bahwa terselenggaranya acara halal bihalal ini merupakan hasil kerja keras kita semua mulai dari pemuda Karang Taruna, pemerintah desa dan seluruh masyarakat Dusun Tarisi. Untuk itu tak lupa pula kami layang-kan beribu terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini”, urainya.

Baca Juga : https://hipakad63.news/suasana-lebaran-satgas-pamtas-yonif-mekanis-643-wns-anjangsana-ke-rumah-warga-perbatasan/?amp

Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Solehudin SI.P, dalam sambutannya menegaskan. Halal bihalal adalah serangkaian acara yang pada umumnya umat muslim di Indonesia melaksanakannya setelah bulan ramadhan yaitu di bulan syawal.

“Ditengah – tengah perkembangan jaman yang serba canggih sekarang ini kita harus bisa menjaga diri dan lebih bijak dalam menggunakan teknologi terutama untuk anak- anak muda, dengan diadakannya pengajian umum dalam rangka halal bihalal ini semoga bisa membentengi diri kita dari pengaruh- pengaruh yang membahayakan baik untuk diri kita pribadi, agama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Tegas Solehudin SI.P dalam sambutannya.(04/05/22).

Baca Juga : https://hipakad63.news/babinsa-koramil-1318-padaherang-dampingi-penyaluran-blt-dana-desa-tahap-i-tahun-2022/?amp

Solehudin yang juga pernah menjabat ketua KNPI, memberikan motivasi sekalian peran Karang Taruna Desa untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan Pemdes. Agar nantinya dapat bekerja sama dan bermanfaat khususnya bagi masyarakat desanya.

Beri saya 10 pemuda maka akan saya guncang dunia (Mengutip ucapan Bung Karno-red) pemuda diharapkan kritis dalam kebijakan pemerintah dengan konstruktif. Biasa-kan literasi membaca untuk membuka jendela dunia.pemuda harus punya karakter akhlak yang baik, untuk menjadi pemimpin yang tidak korupsi karena akan merusak pembangunan dan generasi pemimpin desa, estafet kepemimpinan pemdes menjadi lebih baik yang berasal dari putra dari Dusun Tarisi,”harapnya.

Baca Juga : https://hipakad63.news/personel-kodim-pidie-apel-kembali-dan-pemberangkatan-cuti-lebaran/?amp

Sementara itu Kiyai Ma’arif dalam tausyiah nya memberikan wawasan kepemudaan dan siraman rohani, beliau juga mengulas secara ringkas tentang asal usul dan sejarah halal bihalal.
“Di gagasnya halal bihalal ini bermula Ketika Bung Karno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara, untuk dimintai pendapat dan sarannya untuk mengatasi gaduh nya politik indonesia, lalu kemudian KH Wahab Chasbullah yang juga tokoh penting dalam proses berdiri sampai berkembangnya NU (Nahdlatul Ulama) menyarankan Halal bihalal sebagai solusi untuk ajang saling silaturahim” urainya.

Baca Juga : https://hipakad63.news/istri-bupati-pangandaran-hadiri-santunan-anak-yatim-dan-dhuafa-awp/?amp

Disebutkan silaturahmi ini harus dijaga dan pelihara oleh masyarakat desa Maruyungsari khususnya para pemuda/i nya, sebab ini adalah perintah agama dan merupakan sunnah nabi. Pemuda milenial harus bersinergi positif dan mau bergerak membawa perubahan mulai dari sekarang, Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat, menebarkan energi positif dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.”tutupnya.

Baca Juga : https://hipakad63.news/pasi-ops-korem-062-tn-pimpin-apel-kesiap-siaga-an-dalam-rangka-pengamanan-hari-raya-idul-fitri-1443-h-2022-m/?amp

Acara tersebut di hadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Solehudin SI.P, Kepala Desa Maruyungsari Tusiman, Ketua BPD Desa maruyungsari Yayan Suryana, Kepala Dusun Tarisi Sugeng Tokoh Masyarakat, Tokoh agama Dusun tarisi, tamu undangan dan segenap pengurus dan anggota Karang Taruna Bina Muda Dusun Tarisi Desa maruyungsari.

Silaturahmi tetap berjalan meskipun terbatas di tengah pandemi. Namun tidak mengurangi semangat dalam memberikan sinergi positif. (Hipakad63.News)

Baca Juga : https://hipakad63.news/zakat-fitrah-tunjukkan-simbol-persatuan-ulama-dan-umaroh-di-pangandaran/?amp

 

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news

Penulis: KarimEditor: BIN