Dua SD Negeri di Desa Mulya Jaya Memprihatinkan

"Kepala Desa Mulya Jaya Endang Macan Kumbang tegur Disdikpora Kabupaten Karawang, akan bawa murid di dua Sekolah Negeri tersebut piknik di Kantor Disdipora."

Hipakad63.News | Karawang –

Anak murid sekolah dasar di Karawang, diduga duduk diatas tikar lantai pada saat kegiatan belajar mengajar di ruang kelas.

Kejadian ini terjadi di dua sekolah yaitu SDN Mulya Jaya 1 dan SDN Mulya Jaya 2, yang terletak di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Kutawaluya, Karawang. Hal tersebut mendapat respon keras dari Kepala Desa Mulya Jaya, Endang Macan Kumbang.

Endang mengungkapkan bahwa ada dua sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan, mulai ruang kelas yang rusak, meja kursi patah yang tergeletak di dalam kelas.

Selain itu, ada beberapa murid yang belajar diatas tikar, hal ini sangat mengkhawatirkan untuk dunia pendidikan di Kabupaten Karawang.

Pasalnya, anak dari saudara Kepala Desa, Endang Macan Kumbang juga bersekolah di SDN Mulya Jaya 1 tersebut.

Diceritakan bahwa setiap anak saudaranya pulang sekolah, seragam sekolah selalu kotor di bagian celana, sontak saja sang anak dimarahi oleh orangtuanya.

“Berdasarkan pengaduan tersebut, saya langsung mendatangi sekolah SDN Mulya Jaya 1, ternyata benar ada anak murid yang belajar di sekolah dengan ngampar di tikar,” ungkap Endang, Senin (20/6/2022).

Hal ini sangat disayangkan, Endang menyebutkan, memang dirinya sudah memanggil kepala sekolah datang ke kantor desa untuk menanyakan perihal itu, agar kondisi sekolah sekarang ini bisa segera diajukan ke Disdikpora agar mendapatkan perhatian yang serius, demi proses kegiatan belajar- mengajar bisa berjalan dengan baik dan nyaman.

“Tetapi sampai sekarang belum ada realisasi nya untuk perbaikan kelas dan pengadaan meja kursi sekolah baru. Padahal keadaan ini sudah berjalan lebih dari tiga tahun,” tutur Endang.

Endang menginginkan, jika memang Komisi IV DPRD Karawang sudah ada tembusan soal permasalahan ini, supaya segera turun tangan untuk menyelesaikan.

“Kalaupun tidak turun, ya tidak apa, gak bisa beliau-beliau (anggota dewan-red) disuruh-suruh. Tapi lebih bagus kan turun, Sidak lah,”

Atau paling tidak, Endang menyebutkan, ada satu coret-coretan buat dijadikan pegangan biar ada perbaikan di sekolah tersebut.

Kepala Desa Mulya Jaya ini juga menegur pihak Disdikpora, bila tidak terealisasi untuk perbaikan fasilitas belajar, dirinya akan mengajak seluruh murid SDN Mulya Jaya 1 dan SDN Mulya Jaya 2 beserta wali murid dan para tenaga pengajar untuk piknik ke kantor Disdikpora.

Sementara itu Kepala SDN Mulya Jaya 1, Yayat Bunyamin Halim menampik bahwa siswa nya tidak ada yang belajar di bawah atau duduk di tikar lantai, mungkin saja siswa nya sedang bermain di lantai, terangnya.

“Memang sekolah kami masih kekurangan kursi dan meja belajar untuk siswa,” ucap Yayat melalui telepon seluler.

“Sedangkan untuk meja dan kursi sekolah, sebagian masih layak dipakai, kami pihak sekolah sudah mengajukan ke Disdikpora Karawang, sekarang sedang menunggu realisasi nya, karena siswa disini ada 140 orang” jelasnya. (HIPAKAD63.NEWS)

Download aplikasi berita 👇🏻
https://hipakad63.news

Exit mobile version