Danlantamal VIII Hadiri Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2021

Hipakad63.news l Manado  –

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI Mar I Wayan Ariwijaya bersama Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Tirta I Wayan Ariwijaya menghadiri upacara peringatan Hari Armada RI Tahun 2021 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya pada Senin (6/12/21)

Upacara yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. ini juga dihadiri oleh Pejabat Utama TNI AL, Para Pemimpin Kotama TNI AL, Ketua Umum Jalasenastri dan Para Pejabat Sipil dan Militer Pimpinan Daerah Jawa Timur.

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan pada peringatan Hari Armada RI Tahun 2021 mengangkat tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia, Tumbuh Indonesia Maju”, merupakan momentum yang sangat tepat bagi segenap jajaran TNI AL untuk merefleksikan diri, melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan.

Sebagai ksatria pengawal samudra Kasal menegaskan bahwa Armada RI harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

“Satu yard-pun tidak akan kita mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa, prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya meskipun nyawa yang menjadi taruhan-nya”, kata Kasal.

Terkait dengan peringatan Hari Armada, Kasal menghimbau bahwa sebagai Prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara.

“Seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidato nya, Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai Samudera, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”, tegas Kasal.

Sebelum mengakhiri amanatnya kepada prajurit cakrawati samudra dimanapun berada dan bertugas, Kasal mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesetiaan dan kesungguhan dalam menjalankan setiap tugas, amanah dan kepercayaan yang diemban-kan oleh negara tercinta.

Selanjutnya atas nama seluruh jajaran TNI AL, Kasal menyampaikan ucapan Dirgahayu Armada Republik Indonesia, teriring doa dan harapan agar Armada RI senantiasa menjadi kesatria pengawal samudera, untuk kejayaan maritim demi Indonesia maju.

“Ingatlah selalu bahwa kapal perang dibuat bukan untuk ditambat di dermaga, namun untuk berlayar mengarungi ganas nya samudra, agar bangsa Indonesia dapat hidup dalam damai. Pelaut yang hebat bukan lahir dari lautan yang tenang tetapi buah dari tempaan ombak dan gelombang”, pesan Kasal menutup amanatnya.

Pada upacara tersebut Kasal menyematkan tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 24, 16 dan 8 tahun kepada prajurit yang telah memberikan pengabdian terbaik-nya kepada TNI AL, Bangsa dan Negara. Kasal bersama undangan juga disuguhi dengan demonstrasi gabungan pasukan khusus TNI dan Polri.

Sumber : Lantamal VIII/ Manado
Exit mobile version