Babinsa Wanajaya Ajak Nakes Puskesmas Kunjungi Kakek Hasan yang 4 Tahun Terbaring Stroke di Rumah

hipakad63.news| Kabupaten Bekasi — Lantaran tidak punya biaya, kakek Hasan (68) yang menderita stroke selama 4 tahun ini hanya mampu dibaringkan Anto (45), putra bungsunya di dalam rumah yang terletak di Kampung Selang Bulak Jaya RT.003/ RW.002, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Selama menderita stroke Kakek Hasan mengalami kelumpuhan, selain tidak bisa berjalan, untuk duduk saja ayah dari 2 orang anak ini juga tidak bisa. Sehingga Kakek Hasan buang air besar dan air kecil bisanya di tempat tidur. Akibat lamanya berbaring di tempat tidur, mengakibatkan sebagian kulit di kaki dan badan Kakek Hasan mengelupas.

Dimasa pandemi covid-19 yang hampir 2 tahun melanda di Indonesia, akibatnya memperparah kondisi keuangan serta kesehatan Kakek Hasan. Terkait dengan banyaknya Bansos dan lain-lain dari Pemerintah daerah hingga Pusat, menurut pengakuan Anto, ia baru 1 (satu) kali mendapat bantuan beras 10 kg yang diterimanya dari pemerintahan Desa Wanajaya pada bulan Agustus 2021 yang lalu.

“Ayah tidak bisa saya bawa ke rumah sakit lantaran saya tidak punya uang, Bang. Adapun kakak perempuan saya yang tinggalnya di Jakarta Timur saat ini sedang kerepotan merawat suaminya yang purnawirawan TNI AD karena sakit diabetes di rumahnya serta mengurus kelima anaknya. Oleh sebab itu, selama tiga bulan belakangan ini saya dan ayah hanya makan nasi bubur saja Bang,” tutur Anto kepada pewarta media ini dengan tatapan mata yang penuh kesedihan bercampur lelah.

Suparto tetangga Anto saat di wawancara wartawan hipakad63.news

Suparto (56) yang akrab dipanggil Bang Gondrong, tetangga sebelah rumah Anto juga mengakui keprihatinan yang dialami Anto bersama ayahnya.

“Pekerjaan saya selaku pemulung barang-barang bekas juga memprihatinkan, Bang. Selama Pandemi ini pendapatan saya makin hari semakin minim juga. Terkait bantuan pemerintah berupa uang atau sembako juga tidak pernah saya terima. Meskipun begitu jika di rumah saya masih ada sayur mayur, saya sering suruh istri saya untuk mengantarnya ke rumah Mas Anto, agar bisa meringankan beban yang mereka rasakan saat ini,” jelas Bang Gondrong saat ditemui pewarta media ini di kediamannya yang sampai saat ini tidak memiliki penerangan (listrik).

Dalam kesempatan tersebut, Anto juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bapak Camat Cibitung, Encun Sunarto, SE, MM yang turut serta mendorong pemberi bantuan beras 10 kg melalui aparatur Desa Wanajaya pada bulan Agustus yang lalu setelah mendapat informasi dari pewarta media ini, pasca meninggalnya ibunda Anto pada bulan Agustus 2021 yang lalu, ketika itu juga Ibunda Anto meninggal akibat menderita Stroke.

Saat mendapat kabar adanya warga yang lagi sakit bahkan ada yang meninggal, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Wanajaya, Sertu Yudi Wahyudin dari Koramil 05/ Cibitung yang ketika itu sedang melaksanakan Kegiatan Pemberian Vaksinasi di SMP Negeri 4 Cibitung mengajak para tenaga kesehatan dari Puskesmas Desa Wanajaya untuk berkunjung dan memeriksa kondisi kesehatan Kakek Hasan seusai vaksinasi dari sekolah tersebut.

Didampingi dr. Agustina sari, H.Dian mulyana, Amd.Kep, Eka Harum Lestari, Amd.Kep., dan Ketua RT.003/RW.002, Akhmad Salim mereka melakukan kunjungan dan pemeriksaan kesehatan Kakek Hasan di rumahnya di Kampung Selang Bulak Jaya, Rabu (13/10/2021).

“Pasca terkena stroke selama 4 thn, saat ini Kakek Hasan menderita lumpuh pada tubuh sebelah kirinya. Hasil pemeriksaan dari Tim Medis tadi, tensi Kakek Hasan normal, saat ini untuk makan masih bisa, pihak medis pun menyarankan kepada pihak keluarga agar Kakek Hasan segera diperiksa ke Poli Syaraf untuk menjalani terapi syaraf dahulu,” jelas Sertu Yudi.

Sebelum berpisah dengan Kakek Hasan dan Anto, Babinsa Wanajaya ini mengingatkan kembali pesan dari Tim kesehatan dari Puskesmas Desa Wanajaya kepada Anto

“Pihak Puskesmas nanti buat rujukan yang berlaku 3 hari, untuk segera memeriksakan Kakek Hasan ke Poli Syaraf, guna mencegah terjadi stroke ulangan yang bisa berakibat fatal nantinya,” tandas Yudi.

Anto yang dikunjungi Babinsa dan Tim Medis Puskesmas Desa Wanajaya merasa terkejut dan senang sekali atas perhatian yang telah diberikan.

“Kami ucapkan banyak terimakasih atas saran dan anjuran dari Bapak Babinsa dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Desa Wanajaya yang berkenan berkunjung dan memeriksa penyakit ayah kami ini, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu memberi perlindungan, keselamatan dan dimurahkan rezekinya,” pungkas Anto. (Bahal)

Penulis: BhlEditor: Wish