Babinsa Sosialisasikan pencegahan hama tanaman dan pembuatan pupuk organik

HIPAKAD63.News | PIDIE-

Babinsa koramil 02/Padang Tiji Kodim 0102/Pidie Serda Leo Agustin bersama tim penyuluh Dinas Pertanian kecamatan Padang Tiji melaksanakan Sosialisasi pencegahan hama tanaman dan pembuatan pupuk organik kepada para petani bertempat di desa Pulo Hagu Tanjung kecamatan Padang Tiji kabupaten Pidie, Senin (29/08/2022).

Diketahui Pupuk organik memiliki banyak keuntungan, Pupuk organik bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah dalam waktu lama, sehingga tanaman yang ditanam di tanah tersebut bisa tumbuh subur dan berbuah lebat. Pupuk organik juga ramah lingkungan, mampu meningkatkan aktifitas mikro organisme yang ada di dalam tanah, dan mampu meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.

Fahrizal kepala dinas pertanian kecamatan Padang Tiji menyampaikan penyemprotan hama tanaman menggunakan Pupuk organik selain dapat mencegah hama juga dapat meningkatkan kesuburan tanah,Pengendalian hama tanaman dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama pada tanaman tersebut agar tidak semakin banyak dan berkembang karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman nantinya.

Lebih lanjut dirinya juga mengajak para petani khususnya dan masyarakat pada umumnya sedikit demi sedikit untuk mengurangi pupuk yang dari bahan Kimia, karena dampaknya cukup luas apabila sering menggunakan pupuk kimia bisa mempengaruhi unsur hara tanahnya dan hasil tanaman itu sendiri, pupuk organik selain ekonomis dan bahan bakunya mudah di dapat serta sangat ramah dengan lingkungan” ujarnya

Hal senada disampaikan Danramil 02/Padang Tiji melalui Babinsanya Serda Leo Agustin ” Kehadiran kami disini untuk membantu dan mencari solusi kendala serta problem yang di alami petani. Setelah itu berkoordinasi dengan dinas terkait, kemudian dilakukan tindakan penyelesaian dan kegiatan nyata di lapangan. Untuk peningkatan hasil panen bagi para petani juga sebagai wujud mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan atau Swasembada pangan” jelasnya

Download aplikasi https://hipakad63.news untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://hipakad63.news
iOS: https://hipakad63.news

Penulis: Kartim/H63NEditor: BIN