Babinsa Ajarkan Warga Membuat Pakan Ternak Dengan Cara Fermentasi

Hipakad63.news l Solok

Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Kodim 0309/Solok Serka Yunianto, melaksanakan pelatihan kegiatan pembuatan fermentasi pakan ternak jenis ayam bagi Warga Jorong Koto panjang Nagari Muara Panas Kec.Bukit Sundi Kab.Solok. Rabu (01/12/2021).

Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Serka Yunianto mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan pakan tenak jenis ayam tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui terobosan pembuatan pakan ternak dengan sistem fermentasi mengunakan sayur-sayuran yang ada di perkarang rumah warga. Pakan ternak yang sudah difermentasi dapat bertahan kurang lebih 1 bulan,”ujar Babinsa.

“Melalui terobosan pembuatan pakan ternak dengan sistem fermentasi tersebut akan memudahkan para peternak dalam penyediaan pakan, hal ini dikarenakan para peternak dapat menentukan sendiri berapa banyak jumlah pakan yang ingin di produksi.

Serka Yunianto menjelaskan, untuk membuat fermentasi pakan ternak cukup mudah dan gampang. Peternak, cukup menyediakan bahan baku berupa sayur-sayuran yang telah potong-potong dan mengunakan mikro organisme.
“Kemudian semua bahan diaduk sampai merata. Setelah bahan tercampur masukan kedalam tong tunggu sampai 10-15 menit. Usai melalui proses fermentasi, pakan ternak tersebut sudah bisa digunakan,” terangnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat ditularkan kepada warga sekitar, khususnya peternak ayam di Nagari Muara Panas Kec. Bukit Sundi ini. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh para peternak,” harapnya.

“Jadi, dengan ada kegiatan pelatihan pembuatan fermentasi pakan ternak ini, masyarakat dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk membeli pakan ternak dan disamping itu warga dapat mengurangi pengeluaran di masa Pandemi ini” pungkasnya.

Sumber : Pendim 0309/Solo